Pengaruh Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media augmented reality (ar) pada pembelajaran matematika materi bangun ruang (kubus dan balok) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 71 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VC sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji inferensial. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai t-hitung sebesar 19,57 dan nilai t-tabel sebesar 2,004. Secara statistik terliat t-hitung (19,57) > t-tabel (2,004) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media augmented reality (ar) pada pembelajaran matematika materi bangun ruang (kubus dan balok) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD.
References
Agusdianita, N. dan Asmahasanah, S. (2020). Penyusunan Perangkat Model Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan RME Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kreativitas, Dan Karakter Siswa SD. Attadib Journal Of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.633
Agusdianita, N. dan Kurniawati, I. dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 6(1) https://doi.org/10.33369/dikdas.v6i1.24617
Agusdianita, N. Supriatna, I. dan Yusnia Y. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. SHES: Conference Series 6(3) hal. 145-154. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82317
Arief, dkk (2021:29). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Dhawati, D. A. A. (2017). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun RPP Kurikulum 2013 Tahun Akademik 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta
https://glints.com/id/lowongan/augmented-reality-adalah/#.Y9o_JXZBzIU. Diakses pada 23 November 2022 pukul 13.00 https://id.bitdegree.org/tutorial/apa-itu-augmented-reality. Diakses pada 23 November 2022 pukul 20.34
Purnamawati. (2021). Panduan Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Augmented Reality (ar). Makassar: Ebook
Qorimah, E. N. dan Sutama S. (2022). Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Journal of Elementary Education 6(2)
Sudjana, Nana. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Yogyakarta: Alfabeta
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendididkan. Yogyakarta: Alfabeta
Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Widiadnyana, P. dkk. (2021). Penerapan Strategi React Berbantuan Augmented Reality Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmian Indonesia. 6(12)
Winarni. (2018). Peningkatan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.