Analisis Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi Pada Pendidikan Pancasila Di Kelas V SD Negeri 44 Kota Bengkulu

Authors

  • Nabila Alia Putri Universitas Bengkulu
  • Neza Agusdianita Universitas Bengkulu
  • Atika Susanti Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan implementasi pendekatan berdiferensiasi pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas V SDN 44 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Guru kelas V. Teknik analisis data menggunakan Model Interaktif versi Miles dan Huberman . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berdiferensiasi sudah dijalankan pada mata pelajaran pendidikan pancasila, dimulai dari perencanaan mengenai pemetaan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen diagnostik dan melakukan rancangan kegiatan pembelajaran. Implementasi pendekatan berdiferensiasi memberikan guru mempertimbangkan kebutuhan individual siswa dengan memperhatikan gaya belajar yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa tahapan yang harus dipenuhi dalam mata pelajaran pendidikan pancasila. Pelaksanaan pendekatan berdiferensiasi berdasarkan 4 komponen, yaitu: konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Pendekatan berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila dengan mempertihatikan gaya belajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan sudah berjalan dengan pendekatan berdiferensiasi.

Author Biographies

Nabila Alia Putri, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Neza Agusdianita, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Atika Susanti, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agulstiana, D. M., Malik, M., Rulmiati, S., & Pardeldel, S. (2023). Analisis Pelmbellajaran Belrdifelrelnsiasi Pelndidikan Pancasila dan Kelwarganelgaraan Dalam Kulrikullulm Melrdelka. Julrnal Citizelnship Virtulels, 3(2), 522-533.

Agulsdianita, N., Sari, V. A., & Tarmizi, F. Pelngarulh Pelndelkatan Pelmbellajaran Belrdifelrelnsiasi Pada Kulrikullulm Melrdelka Telrhadap Kelmampulan Pelmahaman Matelmatika Siswa Kellas V Selkolah Dasar Pelnggelrak di Kota Belngkullul. Kalam Celndikia. 12(2). 750.

Ellviya, D. D., & Sulkartiningsih, W. (2023). Pelnelrapan Pelmbellajaran Belrdifelrelnsiasi Dalam Kulrikullulm Melrdelka Pada Pelmbellajaran Bahasa Indonelsia Kellas Iv Selkolah Dasar di Sdn Lakarsantri I/472 Sulrabaya. Julrnal Pelnellitian Pelndidikan Gulrul Selkolah Dasar, 11(8).

Khoirulrrijal, elt al (2022) PElNGElMBANGAN KUlRIKUlLUlM MElRDElKA. Lampulng: CV. Litelrasi Nulsantara Abadi.

Marlina (2019) Pandulan Pellaksanaan Modell Pelmbellajaran Belrdifelrelnsiasi di Selkolah Inklulsif. Padang: PLB FIP UlNP.

Pulrnawanto, A. T. (2023). Pelmbellajaran belrdifelrelnsiasi. Julrnal Peldagogy, 16(1), 34-54.

Sulsanti, A., Darmansyah, A., Naqsyahbandi, F., & Mulktadir, A. (2024). Analyzing stuldelnt lelarning stylel profilels for diffelrelntiateld lelarning in melrdelka culrricullulm in ellelmelntary schools. Celndikia: Meldia Julrnal Ilmiah Pelndidikan, 14(3), 209-223.

Singalinggang, R (2020) Pelmbellajaran Belrdifelrelnsiasi pada implelmelntasi kulrikullulm melrdelka. Bandulng Tata Akbar.

Sopianti, D. (2022). Implelmelntasi pelmbellajaran belrdifelrelnsiasi pada mata pellajaran selni buldaya kellas XI di SMAN 5 Garult. KANAYAGAN.Joulrnal of Mulsic Eldulcation, 1(1), 1-8.

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Putri, N. A., Agusdianita, N., & Susanti, A. (2024). Analisis Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi Pada Pendidikan Pancasila Di Kelas V SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 30–36. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/10