Analisis Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Perencanaan Pembelajaran Matematika Kelas 2 A SD Negeri 44 Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan culturally responsive teaching pada perencanaan pembelajaran matematika di kelas 2 A SDN 44 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 2 A SDN 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu: perencanaan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan pada perencanaan pembelajaran guru telah menyusun tujuan pembelajaran, asesmen, pemahaman bermakna, pertanyaan pamantik serta kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan culturally responsive teaching. Hal tersebut dilihat dari semua komponen inti modul ajar yang terdapat komponen langkah-langkah culturally responsive teaching. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perencanan pembelajaran dengan pendekatan culturally responsive teaching pada perencanaan pembelajaran matematika di kelas 2 A SDN 44 kota Bengkulu sudah sangat baik.
References
Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 34-48
Agusdianita, N.(2016) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada mata Kuliah Konsep dasar Geometri dan Pengukuran untuk Meningkatkan Kterampilan Membuat Alat Peraga Bagi Mahaiswa PGSD.
Agusdianita, N. (2021) Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58329
Agusdianita, N. V Karjiyati dan S R Kustianti. (2021a). Pelatihan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 67 Kota Bengkulu. Martabe Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 4(1),63-72. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i1.63-72
Aronson B., Laughter J. (2016). The theory and practice of culturally relevant education. Review of Educational Research, 86, 163–206.
Gay, G. (2000) . Responsive Teaching: Theory, research, and practice. New York: Teachers College Press.
Hernandez, C. M. et al. (2013). The development of a model of culturally responsive science and mathematics teaching. Cultural Studies of Science Education, 8, 803-820
Husin, V. E. R., Wiyanto, Darsono, T. (2018). Integrasi Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26-35.
Mustofa, M. R. . (2023). Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMP N 1 Tambakromo. Journal of Student Research, 1(1), 265-270.
Rosadi, H. Y., & Andriyani, D. F. (2021). Tantangan menjadi guru BK dengan kurikulum merdeka belajar di masa pandemi COVID-19. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, A. N., & Mawardi, K. (2018). Pengembangan Media Papan TempelBangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 10-17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.