Focus and Scope
Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pakuan. Prosiding ini menerbitkan karya tulis ilmiah yang membahas hasil kajian penelitian dan tinjauan pustaka serta isu dan tren terkini yang terjadi dalam pembelajaran sekolah dasar. Selain itu, jurnal ini memiliki bagian khusus sebagai berikut:
Pembelajaran & Pengajaran: terdiri dari kajian penelitian teoretis dan empiris tentang pembelajaran sambil mengajar, pengetahuan dan praktik, peserta didik itu sendiri, dan konteksnya (pembelajaran tematik integratif, pembelajaran IPA SD, IPS di SD, pendidikan moral, karakter dan kewarganegaraan dalam sekolah dasar, pembelajaran matematika di sekolah dasar, pembelajaran bahasa indonesia, dan sastra di sekolah dasar, pembelajaran budaya dan kearifan lokal di sekolah dasar)
Isu dan Tren di Sekolah Dasar: terutama terdiri dari esai analitis, interpretatif, atau persuasif tentang isu-isu dan tren pendidikan, sosial, atau filosofis terkini yang relevan dengan pengajaran di sekolah dasar. Bagian khusus ini terutama bertujuan untuk mendorong dialog yang terinformasi mengenai isu-isu terkini dalam pendidikan sekolah dasar, dan makalah-makalah yang mewakili berbagai sudut pandang dipersilahkan. Naskah yang dikirimkan pada bagian ini dapat berupa position paper, karya polemik, atau komentar kreatif.
Psikologi pendidikan di sekolah dasar : terdiri dari kajian yang membahas tentang psikologi anak sekolah dasar, psikologi lingkungan sekolah dasar, psikologi guru sebagai pendidik, perkembangan anak usia sekolah dasar, membahas permasalahan psikologi yang berkaitan dengan ruang lingkup pendidikan dasar. sekolah.
Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar: terdiri atas penelitian empiris dan/atau teoritis asli yang mengkaji persiapan guru sekolah dasar, pekerjaan guru sekolah dasar, atau bagaimana pekerjaan guru dipengaruhi oleh konteks yang lebih luas.
Kebijakan dan Analisis Pendidikan di sekolah dasar: memuat laporan mengenai tujuan dan/atau prinsip dasar kebijakan yang diambil oleh pemerintah, kelompok kepentingan, distrik sekolah, khususnya kebijakan mengenai pendidikan di sekolah dasar.
Teknologi pendidikan di sekolah dasar: menerima kajian perkembangan dan analisis teknologi pembelajaran khususnya di sekolah dasar menerima kajian dan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dan media tradisional yang telah dimodifikasi, menerima kajian pengembangan model, strategi, dan pendekatan dalam pembelajaran di sekolah dasar, dan menerima sistem teknologi manajemen pengembangan di sekolah dasar.