Studi Deskriptif Implememntasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 44 Kota Bengkulu

Authors

  • Tri Erlangga Tiana Universitas Bengkulu
  • Neza Agusdianita Universitas Bengkulu
  • Yusnia Yusnia Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Penelitian  menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas IV. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika dimulai dari pemetaan kebutuhan, merancang pembelajaran, evaluasi dan refleksi.. Implementasi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi ada 4 komponen pembelajaran berdiferensiasi yaitu: (1) konten/ isi, (2) proses, (3) produk, dan (4) lingkungan belajar. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memberikan guru pertimbangkan kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar gaya belajar, minat dan bakat siswa.

Author Biographies

Tri Erlangga Tiana, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Neza Agusdianita, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Yusnia Yusnia, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Arviansyah, M. R. & Ageng, S. (2022) Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah, 17 Nomor 1, 40-50.

Agusdianita, N., Sari, V. A., & Tarmizi, F. (2023) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Penggerak di Kota Bengkulu. Kalam Cendikia. 12(2). 750.

Badan Standar Kurikulum dan Asesment Pendidikan. Pembelajaran dan Asesment Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah 2022.

Gusteti DKK. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Dikurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. 3(3). 642

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifah Utama.

Mendiknas. (2003). Undang-Undang Ri Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Mendiknas.

Nuralaeni, F. & Aulia, R. (2022) Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2 Nomor 1, 2807-1107.

Wahyuningsari, D., Dkk. Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan. 2(4). 530

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Tiana, T. E., Agusdianita, N., & Yusnia, Y. (2024). Studi Deskriptif Implememntasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 44 Kota Bengkulu. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 155–162. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/26