Studi Deskriptif Implememntasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 44 Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas IV. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika dimulai dari pemetaan kebutuhan, merancang pembelajaran, evaluasi dan refleksi.. Implementasi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi ada 4 komponen pembelajaran berdiferensiasi yaitu: (1) konten/ isi, (2) proses, (3) produk, dan (4) lingkungan belajar. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memberikan guru pertimbangkan kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar gaya belajar, minat dan bakat siswa.
References
Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Arviansyah, M. R. & Ageng, S. (2022) Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah, 17 Nomor 1, 40-50.
Agusdianita, N., Sari, V. A., & Tarmizi, F. (2023) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Penggerak di Kota Bengkulu. Kalam Cendikia. 12(2). 750.
Badan Standar Kurikulum dan Asesment Pendidikan. Pembelajaran dan Asesment Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah 2022.
Gusteti DKK. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Dikurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. 3(3). 642
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifah Utama.
Mendiknas. (2003). Undang-Undang Ri Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Mendiknas.
Nuralaeni, F. & Aulia, R. (2022) Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2 Nomor 1, 2807-1107.
Wahyuningsari, D., Dkk. Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan. 2(4). 530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.