Analisis Tren Dan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Dasar Di Indonesia

Authors

  • Kuswandi Kuswandi Universitas Pakuan
  • Muhammad Syahid Universitas Pakuan
  • Yuyun Elizabeth Patras Universitas Pakuan
  • Lina Novita Universitas Pakuan

Abstract

Project-Based Learning (PjBL) di sekolah dasar semakin populer karena melibatkan peserta didik secara aktif, meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam tentang tren dan efektivitas penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar di Indonesia. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan model Preferred Reporting Items for Systematic Reviews And Meta-Analysis (PRISMA). Pencarian literatur dilakukan melalui aplikasi Publish or Perish 8 dengan sumber Google Scholar, menggunakan kata kunci "pembelajaran berbasis proyek", "PjBL", dan "Sekolah Dasar" pada tanggal 14 Desember 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2019 hingga 2023, dengan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman materi pelajaran dan kualitas pembelajaran. Hasil ini mendorong implementasi lebih lanjut dari pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar.

Author Biographies

Kuswandi Kuswandi, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

Muhammad Syahid, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

Yuyun Elizabeth Patras, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

Lina Novita, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

References

Adinda, Y. N., Lutfiana, R. F., & Ismanto, P. H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi Tari Kreasi Menggunakan Model PJBL Di SD Negeri Kauman 1 Malang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12052–12061.

Asytri, W., Trisiana, A., & Mustofa, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SD N Madyotaman Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 20401–20409.

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2023). Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Model Project Based Learning Pelajaran Seni Rupa Kelas Ii Di SD Negeri Pulutan 02. NBER Working Papers, 09, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Epifania, M., Hero, H., & Bunga, M. H. D. (2020). Analisis Pemahaman Guru Dalam Menerapkan Model Project Based Learning (PJBL) di SD Katolik 143 BHAKTYARSA. Journal Nagalalang Primary Education, 2(1), 1–7. https://nagalalang.nusanipa.ac.id/index.php/nagalalan/article/view/18/17

Febriantara, R., & Yogyakarta, U. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI SD Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek DI SD N 3 Kalipetir Pengasih Kulon Progo The Improvement Of Learning Science 6 Th Grade Students Trough Based Learning Model (Project-Based Learning) At SDN 3 .

Hanifah, N., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Guna Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(November 2023), 1119–1131.

Hutami, N. E., Widyaningrum, A., & Reffiane, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 1 di SD Negeri Tandang 01 Info Artikel Abstrak. Journal of Primary and Children’s Education, 6(024), 145–153.

Irfana, S., Nichla, S., Attalina, C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dalam Meningkatkan Minat Dan. Journal of Professional Elemetary Education, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.46306/jpee.v1i1.8

Isnaini, E., & Untari, R. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3).

Jelang Zidane, Eron Susilo, E. M. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Menggunakan Model Pembelajaran PjBL Siswa Kelas V SD Negeri 1 Punung. 08, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Kumalasari, I. D., Yulia, Y., & Cahyo Khosiyono, B. H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Berbasis Hots Siswa Kelas Iv. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5223–5324. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8406

Mudiono, A. (2021). Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning (PjBL) di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(2), 14–24. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i2.9

Nanda Amilia Dwi Choirun Nisak, I. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Project Based Learning. 08, 14–24. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Nawangsari, A., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Brengosan 2 menggunakan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1232–1239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5443

Niawati, D., & Sujarwo, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Aktivitas pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 608–615. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.302

Ningrum, E. W., Listyarini, I., Saputrea, H. J., & Junaidi, A. (2023). Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Panggung Lor. Jurnal Siknetik, 6(1), 67–72.

Okti Suwartini, Y., Yasin, M., & Machbubah, U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Mata Pelajaran Matematika Jaring-Jaring Bangun Ruang Kubus Dan Balok Menggunakan Model PjBL DI SD Negeri Grati 02 Kabupaten Lumajang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3258–3267. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8599

Rahmawati, K., Listiani, I., Hari Nurcahyo, E., PGRI Madiun, U., & Negeri, S. (2023). Pada Mata Pelajaran Tematik Tema 8 Sub Tema 1 Kelas V Di SD Negeri 1 Grogol Sawoo Ponorogo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 4911–4919.

Sugiyah, S. (2023). Supervisi Klinis Berkelanjutan Mampu Meningkatan Kompetensi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Project Based Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 337–345. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.559

Susetyarini, E., & Fauzi, A. (2020). Trend of critical thinking skill researches in biology education journals across Indonesia: From research design to data analysis. International Journal of Instruction, 13(1), 535–550. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13135a

Syahlan, I. D., Hidayat, D. R., & Hidayat, O. S. (2023). Application of the Project Based Learning Model in Elementary Schools: Obstacles and Solutions of Science and Environment Content. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2060–2067. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3285

Yulia Marni, D. (2022). Pengembangan Media Poliomino Pada Pembelajaran Jaring- Jaring Kubus Dan Balok Melalui Project Based Learning Di SD. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(8.5.2017), 2003–2005.

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Kuswandi, K., Syahid, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Analisis Tren Dan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Dasar Di Indonesia. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 243–255. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/34