Efektivitas Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Authors

  • Irma Nur Muharani Universitas Pakuan
  • Purnama Purnama Universitas Pakuan

Abstract

Problematika pembelajaran IPA akibat kurangnya pemanfaatan teknologi sehingga terjadinya kejenuhan dan rendahnya hassil belajar siswa. tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas multimedia interaktif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses).  Multimedia interaktif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar memiliki berbagai efektivitas daiantaranya dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi, berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Author Biographies

Irma Nur Muharani, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

Purnama Purnama, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

References

A. Suryanti, I.N.A.S. Putra, & F. Nurrahman. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENERGI ALTERNATIF BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Anggun Ferdiansyah, E., Nurhani Septyaningrum, A., Ajeng Maya Sari, D., & Dewi Wijayanti, M. (2023). Improved Capabilities Think Critically and Creatively in Learning Natural Science with Media Base HOTS in The Era Society 5.0. SHES, 6(3), 201–206. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Azzahra, R. F., MZ, A. F. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2023). Efektifitas Multimedia Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), 1965–1974. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5418

Berinda Rusfriyanti, R., Shokib Rondli, W., Muria Kudus dan Negeri, U. S., & Muria Kudus, U. (2023). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(2), 83–90. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Daniar, F., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 646. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5463

Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). SICEDU : Science and Education Journal Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. SICEDU : Science and Education Journal, 1(2), 449–459.

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p151

Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 795–801. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1531

Kahfi, M., Srirahayu, E., & Nurparida. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal PETIK, 7(1), 63–70.

Khairunnisa, & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Powerpoint Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(2), 20–29.

Kurniasari, D., Hakim, L., & Yuliani, E. (2023). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Negeri 9. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 83–91.

Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp

Made, I., Putra, J., Komang, I., & Wiyasa, N. (2021). Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index

Purniasih, K. S., & Agustiana, I. G. A. T. (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital dengan Topik Daur Hidup Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(2), 318–326. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77998

Putri, A. K., Andini, A., Astuti, N. P., & Martini, A. (2023). Pengembangan Media Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas v SD. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 857–866.

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, Moh. M. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN WEB DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Ratumbuisang, K. F., & Ratumbuisang, Y. F. (2023). INTERACTIVE MULTIMEDIA AS INSTRUCTIONAL MEDIA FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 245–254. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1516

Roy Januar Pratama, A., & Arifin Imam Supardi, Z. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Materi Cuaca untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8936–8951. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3975

Sastradewi, N. M. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44855

Suharti. (2022). UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA DI KELAS VI SDN 015 SUNGAI BENGKAL. EDUTECH, 2(1), 1–8.

Sumiadi, R., & Iyah, A. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif Microsoft Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Maraqitta’limat. JISIP, 3(1), 1–4.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439

Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Problematika Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar , 3(1), 37–44. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Muharani, I. N., & Purnama, P. (2024). Efektivitas Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar . Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 190–197. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/29