Tren Pengembangan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Permasalahan pembelajaran IPA akibat kurangnya pemanfaatan media pembelajaran sehingga menyebabkan siswa cenderung bosan dan pelajaran menjadi abstrak jika guru tidak menggunakan media. tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tren publikasi dan sitasi serta jenis pengembangan media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Hasil penelitian didapatkan bahwa publikasi artikel tentang pengembangan media mengamali kenaikan terus menerus dan sitasi artikel mengalami kenaikan dan penurunan, kenaikan tertinggi sitasi terjadi pada tahun 2021. Tren jenis pengembangan media pembelajaran IPA di sekolah dasar dari artikel yang didapatkan dikelompokkan menjadi 7 kategori dari yang terbanyak yaitu media interaktif, Media Video, Media augmented reality, Media Game, Media Buku, Media Web dan Media Box. Dari 28 artikel yang ada 78,57% memanfaatkan teknologi.
References
Amelia, R., Disurya, R., & Imansyah, F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(02), 11570–11577.
Ardianto, D., Windiyani, T., Suwarma, I. R., Karmilasari, K., & Nurul, N. (2024). Analysis of physics learning in elementary schools and the need for professional development: Is STEM education training necessary for elementary school teachers?. Momentum: Physics Education Journal, 8(1), 84-94. https://doi.org/10.21067/mpej.v8i1.9105
Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. JURNAL IMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 5(2), 263–271. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23.
Cahyani, V. A., Sesanti, N. R., & Rahayu, S. (2024). Cendikia Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Media Pembelajaran Powtoon Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(8), 537–546.
Carolien, C., Rezkita, S., & Rahayu, A. (2023). Pengembangan media powerpoint berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Science Education and Development Journal Archives, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.59923/sendja.v1i1.11
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. L. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 33–48. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Fadillah, C. Q. N., Hakim, L., & Noviati, I. (2023). Pengembangan Kartu Pertanyaan Truth Or Dare Pada Materi Perubahan Wujud Zat Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 8333–8346.
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771–776.
Hasbullah, H., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Materi Banjir Bukan Sekedar Bencana Alam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7544–7555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3575
Hidayat, L. (2024). Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Journal of Education Research, 5(1), 781–794.
Hidayati, P. N., Arisyanto, P., & Damayanti, A. T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Gage (Gaya Dan Gerak) Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 526–538. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7145
Irawan, L., & Yatri, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Realty pada Materi Struktur Tumbuhan Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 971. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.890
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Kusuma, P. A., & Airlanda, G. S. (2022). Pengembangan Video Klip Lagu Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8675–8685. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3899
Lestari, A., & Aryaningrum, K. (2024). Pengembangan Media Borama (Box Rantai Makanan) Pada Pembelajaran IPA Kelas 5 SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(04), 675–680.
Mukhlis, M. S., Kumala, F. N., & Triwahyudianto. (2024). Pengembangan Media Edpuzzle Berbasis STEAM Subtema Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya Untuk Sekolah Dasar. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(7), 411–423.
Mulder, W. R. S. P., Khoiri, N., & Hayat, M. S. (2023). Validitas media pembelajaran IPA berbasis web dengan pendekatan STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.31
Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Putra, I. G. F. E., Yudiana, K., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Pengembangan Media Power Point Interaktif Berlandaskan Tri Hita Karana Muatan Ipas Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3122–3131. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Putra, I. G. N. A., Kristiantari, M. G. R., & Wiarta, I. W. (2024). Media Video Animasi yang Layak dan Efektif diterapkan dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 101–107. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.74473
Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246–1256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529
Putry, A., Sayyida, N., Febriyanti, R., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Bagian Tubuh Hewan Beserta Fungsinya Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 803–809.
Qurratha ’aina, A., Jannah, M., Nurhasanah, S., Anggraeni, F., & Rafli, M. F. (2023). Cendikia Pengembangan Media Ajar Digital Berbantu Flipbook Pada Mata Pelajaran IPAS Untuk Siswa Kelas IV SD. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(4), 117–121.
Rahmatunnisa, S., Bahfen, M., & Banowati, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Mata Pelajaran IPA Materi “Iklim, Musim, dan Cuaca.” Jurnal Sinestesia, 13(1), 93–104. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/299
Ridwan, Moh. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.218
Salsabillah, A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Bagian Tubuh Hewan Beserta Fungsinya Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 811–818. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Shinta, N., Hakim, L., & Yuliani, E. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 69 Palembang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 133–143.
Uno, W. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 28–33.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433
Windiyani, T., Sofyan, D., Iasha, V., Siregar, Y. E. Y., & Setiawan, B. (2023). Utilization of Problem-based Learning and Discovery Learning: The Effect of Problem-Solving Ability Based on Self-Efficacy Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1458-1470.
Wulandari, B., Ardiansyah, F., Eosina, P., & Fajri, H. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Ipa Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. KREA-TIF: JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2028
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.