Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Berpikir Kritis Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Muhamad Sukri Universitas Pakuan
  • Iim Rohimah Universitas Pakuan
  • Didit Ardianto Universitas Pakuan
  • M Zainal Arifin Universitas Pakuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Argument- Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada jenjang pendidikan dasar. Pada penelitian ini menggunakan metode library research yang merupakan penelitian studi kepustakaan dengan basis data artikel yang dipublikasikan dari Scopus, ERIC dan Google Scholar. Kata Kunci yang digunakan adalah “Argument-Driven Inquiry”, “Pendidikan sains” dan “Pendidikan Dasar”. Artikel-artikel itu kemudian dikumpulkan, diunduh, dan dilanjutkan dengan mengorganisasikan artikel tersebut dalam aplikasi Mendeley. Dalam penelaahan jurnal ilmiah pada penelitian ini dilakukan mengikuti langkah-langkah: (1) organize, yaitu memilih jenis-jenis jurnal yang selaras dengan jenis penelitian. Temuan menunjukan 15 artikel yang sesuai dengan kategori (2) synthesize, yaitu membaca dan merangkum setiap jurnal menjadi sebuah esensi penelitian yang padu dan terstruktur; dan (3) identify, yaitu mengambil kesimpulan dari setiap jurnal dan membuat rangkuman evaluasi dari keseluruhan jurnal. Implementasi model pembelajaran ADI sering ditemukan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada jenjang pendidikan menengah atas dan masih sedikit pada jenjang pendidikan dasar (SD-SMP). Sebagian besar jenis penelitian terapan dari artikel-artikel tersebut adalah penelitian kuasi-eksperimen.

Author Biographies

Muhamad Sukri, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

Iim Rohimah, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

Didit Ardianto, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

M Zainal Arifin, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

References

Ayana, Y., & . Z. (2023). The Effectiveness of the PhET Assistant Argument-Driven Inquiry (ADI) Learning Model on Student’s Argumentation Ability on Substance Pressure Materials. KnE Social Sciences, 2022(2022), 299–311. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13305

Ayuningtyas Fatmawati, Z., Mulyani Endang Susilowati, S., & Sri Iswari Prihandono, R. (2019). Effect of Argument Driven Inquiry (ADI) with Problem Solving Method for Student’s Argumentation and Critical Thinking Skills Article Info. Jise, 8(3), 255–263. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Fadilah. MS, S., Jatmiko, B., & Prastowo, T. (2020). Validity and Effectiveness of Argument- Driven Inquiry Model With Contextual Approaches to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 66–75. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.32

Fakhriyah, F., Rusilowati, A., Wiyanto, W., & Susilaningsih, E. (2021). Argument-Driven Inquiry Learning Model: A Systematic Review. International Journal of Research in Education and Science, 767–784. https://doi.org/10.46328/ijres.2001

Farida, L., Rosidin, U., Herlina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument- Driven Inquiry ( Adi ) Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa Smp Berdasarkan Perbedaan Jenis the Influence of Application Argument Driven Inquiry Model To Junior High School Studen ’ T Argumenttion Skills. Journal of Physics and Science Learning, 02(2), 25–36.

Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, M. (2015). Penerapan model argument-driven inquiry dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA.

Hasnunidah, N., Utami, T., Abdurrahman, A., & Diawati, C. (2022). Implementation of the Interactive E-LKPD for Biotechnology Materials with the Argument-Driven Inquiry (ADI) Model Oriented to Improving the Argumentation Ability of …. Journal of Innovative …, 11(1), 332–340.

Hasnunidah, N., & Wiono, W. J. (2019a). Argument-Driven Inquiry, Gender, and Its Effects on Argumentation Skills. … : Jurnal Keguruan Dan ….

Hasnunidah, N., & Wiono, W. J. (2019b). Argument-Driven Inquiry, Gender, and Its Effects on Argumentation Skills. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 179–188. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i2.4676

Kuki, A. D., Agustini, R., & Azizah, U. (2023a). Analysis of Effectiveness Argument-Driven Inquiry to Improve Students’ Argumentation Skill and Conceptual Understanding. … : International Journal of

Kuki, A. D., Agustini, R., & Azizah, U. (2023b). Analysis of Effectiveness Argument-Driven Inquiry to Improve Students’ Argumentation Skill and Conceptual Understanding. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(3), 329–342. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i3.316

Nazila, L., Rosidin, U., Distrik, I. W., Herlina, K., & Hasnunidah, N. (2019). The Effect of Applying Argument Driven Inquiry Models to the Critical Thinking Skills of Students Based on Gender Differences. Scientiae Educatia, 8(1), 35. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i1.4145

Nufus, H., Rosidin, U., Herlina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Pendidikan Fisika , Universitas Lampung Pendidikan Biologi , Universitas Lampung

hayatun.nufus2030@gmail.com Influence Of Implementation Argument-Driven Inquiry Model. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 110–117.

Putra, D. J., Hasnunidah, N., & Jalmo, T. (2019). Pengaruh Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Bioterdidik, 7(1), 1–10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/download/17062/12198

Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496

Rosidin, U., Kadaritna, N., & Hasnunidah, N. (2019). Can argument-driven inquiry models have impact on critical thinking skills for students with differentpersonality types? Cakrawala Pendidikan, 38(3), 511–526. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.24725

Salsabila, E. R., Wijaya, A. F. C., Winarno, N., & Hanif, S. (2019). Using argument-driven inquiry to promote students’ concept mastery in learning global warming. Journal of Physics: Conference Series, 1280(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032052

Setiawan, A., & Jumadi, J. (2023a). Analysis of the Implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) in Students’ Argumentation Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.

Setiawan, A., & Jumadi, J. (2023b). Analysis of the Implementation of Argument Driven Inquiry (ADI) in Students’ Argumentation Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 127–133. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.2725

Siregar, N., & Pakpahan, R. A. (2020). Kemampuan Argumentasi Ipa Siswa Melalui Pembelajaran Argumentasi Driven Inquiry (Adi). LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 94–103. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.113

Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2, 1–17.

Downloads

Published

30-08-2024

How to Cite

Sukri, M., Rohimah, I., Ardianto, D., & Arifin, M. Z. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Berpikir Kritis Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 272–287. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/36