Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning Berbantuan Liveworksheet Pada Pembelajaran IPA Di Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-LKPD berbasis project-based learning berbantuan liveworksheet pembelajaran IPA untuk meninggkatkan pemahaman konsep di sekolah dasar dan efektivitas E-LKPD berbasis project-based learning berbantuan liveworksheet, serta mengetahui respon guru dan siswa kelas V SDN Dewi Sartika 2 Aut implementasi E-LKPD materi zat tunggal berperan meningkatkan keterampilan berfikir melalui pembelajaran di kelas. Jenis penelitian Risearch and Developtmnet pendekatan model ADDIE, (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Uji validasi produk dilakukan pakar media ilmu komputer, ahli bahasa Indonesia dan ahli materi keilmuan IPA. Hasil validasi oleh ahli media 89,0% kriteria sangat layak, ahli bahasa 96,0% kriteria sangat layak, dan ahli material IPA 90,3% kriteria sangat layak. Hasil kuesioner respon siswa 91,5%, dan respon guru kelas 90% kategori sesuai, dan skor efektivitas penggunaan E-LKPD rata-rata 89,6% kriteria sesuai harapan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis project-based learning menggunakan liveworksheet layak digunakan dalam proses pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berfikir siswa sekolah dasar.
References
Alifiani, N. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Proyek Pemanfaatan Limbah Industri Tepung Tapioka Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Kritis Siswa (Bachelor thesis, Universitas Lampung).
Azizah, A., Aima, Z., & Ramadoni, R. (2023). Inovasi E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Fungsi Kuadrat di SMAN 15 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai; Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023; 21567-21576 ; 2614-3097 ; 2614-6754. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9932
Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60494
Istiqomah, E. P. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Lifeworksheet dengan Pendekatan Kontekstual di MTS Nurul Huda (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021, November). Pengembangan e-lkpd berbasis aplikasi liveworksheets pada materi volume bangun ruang kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 5, No. 1, pp. 307-313).
Khoerunnisa, N., Badruzzaman, N., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheets Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 391-397.
Pebriani, N. P. I., Putrayasa, I. B., & Margunayasa, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA tema 8 kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76-89.
Pangestuti, A. (2023). Pengembangan E-book Kalor dan Perpindahan Berbasis Multirepresentasi Dinamis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII.
Oktaviana, E., Aima, Z., & Ramadoni, R. Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Program Linear Kelas X SMK. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), 031-044.
Renata, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Liveworksheets Terhadap Higher Order Thinking Skill (Hots) Dan Kreativitaspeserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Riyanti, T. (2024). Analisis Efektivitas Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Bangunan. Adiba: Journal Of Education, 4(2), 277-285.
Safitry, A. (2022). Efektivitas Lkpd Dengan Liveworksheet Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik.
Sahida, N. N., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Literature Review: Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3491-3503. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10583
Salsabila, N. M., & Setiyawan, A. (2024). Penerapan Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Mahārah Qirāah Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 273-290.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, B., & Sunaryati, T. (2024). Asesmen Psikologis. Banyumas: Pena Persada Kerta Utama.
Setiawan, B., Muharani, I. N., Arifin, M. Z., & Ardianto, D. (2024). Problematic Numerical Literacy In Elementary Schools: Systematic Literature Review. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 55-65. https://doi.org/10.36456/inventa.8.1.a8724
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Sugandi, E., Farid, D. A. M., & Iasha, V. (2023, December). The Utilization of Augmented Reality to Improve the Interpersonal Intelligence of Elementary School Students. In 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022) (pp. 376-385). Atlantis Press.
Syafi'i, M. I. (2023). Analisis Konseptual Dasar Ilmu Pendidikan dalam Teori Pembelajaran Modern. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (Sinova), 1(3), 117-122.
Tanaka, A., Gani, R. A., Kom, S., Andani, F., Martini, E., Udin, D. T., ... & Pt, R. O. S. (2023). Perencanaan pembelajaran. Selat Media.
Tambunan, H., & Napitupulu, E. (2016). Effectiveness of Interactive Multimedia Based Learning Model in Engineering Mechanics. International Education Studies, 9(10), 155–162. https://doi.org/10.5539/ies.v9n10p155
Vaughan, T. (2011). Multimedia Making it work ;8th Edition. New York: McGraw-Hill.
Winarno, S., Muthu, K. S., & Ling, L. S. (2018). Impacts of m-DPJBL Approach towards Computer Networks Teaching and Learning Process. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(3), 207. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i03.7944
Xia, C. (2018). Multimedia Teaching Platform Construction Based on Flash Interaction Technology for Gymnastics. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(5), 224. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i05.8441
Yasir, M. (2024). Tingkat Literasi Sains Siswa Terhadap Etnosains Keris Madura Dalam Pembelajaran IPA. Membangun Dinamika Matematika Dan Ilmu, 91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.