Implementasi Program Transisi PAUD-SD Dalam Membentuk Kesiapan Siswa Bersekolah
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program transisi PAUD-SD dan kesiapan belajar peserta didik kelas 1 di SDN Cipku 2 Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun analisis data dilukukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) SDN Cipaku 2 telah mengimplementasikan program transisi PAUD-SD melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang dilaksanakan selama 2 minggu pada awal tahun ajaran 2024/ 2025; 2) Membentuk TIM dalam mengimplementasikan program transisi PAUD-SD; 3) Membangun kemampuan pondasi, kemampuan literasi dan numerasi bagi peserta didik baru; 4) Melakukan asesmen awal dengan teknik non tes yaitu observasi atau pengamatan; 5) Menyusun jadwal kegiatan agar implementasi program transisi PAUD-SD terencana dan terprogram dengan baik; 6) Sebagian besar peserta didik kelas 1 menunjukan perilaku siap belajar yang meliputi aspek kesiapan kognitif, sosial, emosi, dan motorik.
References
Aryanti, Z., Prodi, D., Stain, P., & Metro, J. S. (2015). Kesiapan Anak Saat Memasuki Sekolah Dasar. 64–67. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7509/
Bidi, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Episode 24 (Transisi PAUD SD yang Menyenangkan) di SDN 01 Duhiadaa Pohuwato. Mosikolah (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial), 1(1), 116–120. https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/index
Creswell, J. W. (2014). Educational Reseach (4th ed., Vol. 4). Pearson Education.
Deliviana, E. (2017). Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 117–130.
Fatonah, S., Yufiarti, Y., & Yetti, E. (2024). Model Program Transisi Belajar Berbasis Kecakapan Hidup Untuk Meningkatkan Kesiapan Bersekolah Siswa SD Kelas Awal. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 76–88. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.76-88
Febriyanti, D. A., Dewi, E. K., & Rusmawati, D. (2022). Kesiapan Bersekolah Anak di Mata Orang Tua Siswa Paud. In Jurnal Empati (Vol. 11).
Hanifah, S., & Euis Kurniati. (2024). Eksplorasi Peran Lingkungan dalam Masa Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 130–142. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11576
Jihan, I., Asbari, M., & Nurhafifah, S. (2023). Quo Vadis Pendidikan Indonesia: Kurikulum Berubah, Pendidikan Membaik? Journal Of Information Systems and Management, 02(05). https://jisma.org
Kasih, H. R., Zumrotun, E., & Zulfahmi, M. N. (2023). Peran Guru dalam Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan untuk Membangun Kemampuan Literasi dan Numerasi. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 318–324. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar
Kemdikbudristek. (2022). Modul 1: Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting?
Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781–788. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2633
Maulani, S., & Mutiara, S. (2023). Transisi PAUD SD : Implementasi Program pengenalan Sekolah Dasar di Taman Kanak-Kanak. Urnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 265–275. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3816272
Mawaddah Febrianti, A., & Ika Mariyati, L. (2023). Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kecamatan Jabon. Researchjet Journal of Analysis and Inventions, 2(3). https://doi.org/10.47134/researchjet.v2
Musfita, R. (2019). Transisi Paud Ke Jenjang Sd: Ditinjau Dari Muatan Kurikulum Dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 412–420. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5639
Nur Budiono, A., Kinanthy Karamoy, Y., & Ernawati, S. (2023). Fasilitasi Lokakarya Asesmen dan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 107–122. https://doi.org/10.56013/jak.v3i2.2428
Pebriani, I., & Handayani, K. (2024). Mewujudkan Transisi yang Lancar: Strategi Menarik dalam Mendukung Anak Menuju SD dari PAUD. Journal Of Information Systems And Management, 03(02). https://jisma.org
Ramadhini, F., & Mutiah Nasution, E. (2022). School readiness measurement: an implementation of the nijmeegse schoolbekwaamheids test (NST). Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 84–96. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Reza, M., & Asbari, M. (2024). Transisi PAUD ke SD: Solusi Pendidikan Menyenangkan. Journal Of Information Systems and Management, 02(05). https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.940
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374
Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 46–80. http://repository.uin-
Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.