Penelitian Model Pembelajaran PBL Di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Authors

  • Jihan Rafiadilla Universitas Pakuan

Abstract

Implementasi kurikulum di satuan pendidikan disesuaikan dengan kecakapan abad 21 yaitu meningkatkan collaboration, communication, critical thinking, creative  dan computation. Model pembelajaran PBL dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Artikel ilmiah ini disusun dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data studi literatur dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) dan dilakukan dengan menggunakan kata kunci “model pembelajaran PBL di Sekolah Dasar”. Dari penelitian ini didapatkan bahwa model pembelajaran PBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dan kemampuan berpikir peserta didik dalam memecahkan proyek.

Author Biography

Jihan Rafiadilla, Universitas Pakuan

Program Studi Pendidikan Dasar

References

Annisa, M., Tanjung, F. Z., & Ridwan . (2016). Analisis sarana dan prasarana sekolah dasar berdasarkan tingkat akreditasi di kota tarakan . Jurnal Pendidikan Indonesia , 134-146.

Dwi Pamungkas , W. A., & Koeswati, H. D. (2021). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar . Jurnal pendidikan profesi guru , 346-354.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal Of Teaching and Learning, 68-85.

Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementasi pendekatan realistic mathematic education (RME) di sekolah dasar . Jurnal Basicedu, 741-748.

Halimah , S., Usman , H., & Maryam , S. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di sekolah dasar . Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan , 403-413.

Hardani, A. L., Windiyani, T., & Mulyawati, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 29-33.

Hasibuan , A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21 : kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia sd/mi . Jurnal Media pengembangan ilmu pendidikan dasar dan keislaman , 10.

Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan metode pembelajaran permainan edukatif terhadap hasil belajar IPA di Sekolah Dasar sungai miai 7 banjarmasin. Journal on education , 7095-7103.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran. Jurnal Tahsinia , 167-175.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran. Jurnal Tahsinia , 167-175.

Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal pendidikan biologi dan sains , 195-207.

Muliastrini, N. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Pendidikan Dasar Pendidikan , 115-125.

Parwati, N. Y., & Pramatha, I. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari, 143-158.

Rahmat , A. S. (2017). Games book sebagai media peningkatan minat baca pada pembelajaran bahasa indonesia SD kelas tinggi. Journal of primary education , 27-33.

Salma, A. D., Windiyani, T., & Purnamasari, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Kelas Iv Subtema Indahnya Keberagaman Budaya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2325-2335.

Setiawan , T., Sumilat , J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis penerapan model pembelajaran PBL pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal basicedu , 9736-9744.

Syarifah, S. K., Windiyani, T., & Suchyadi, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flipbook Pada Kelas V Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2611-2619.

Windiyani, T., Arifin, M. Z., Ardianto, D., Herawati, N., & Putri, F. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Bahan Ajar Digital Berbasis Anyflip bagi Guru Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Profesionalisme Menuju Education For Sustainable Development (ESD). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 703-710.

Windiyani, T., Sofyan, D., Iasha, V., Siregar, Y. E. Y., & Setiawan, B. (2023). Utilization of Problem-based Learning and Discovery Learning: The Effect of Problem-Solving Ability Based on Self-Efficacy Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1458-1470.

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Rafiadilla, J. (2024). Penelitian Model Pembelajaran PBL Di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review . Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 89–96. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/18