Penerapan Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Metode Marker-Based Tracking di SMA Mardi Yuana
Abstract
Pembelajaran Biologi di SMA Mardi Yuana menggunakan LKS karena harganya yang murah dan materinya mudah dipahami. Sayangnya kualitas kertas yang rendah menyebabkan beberapa gambar menjadi buram dan dapat menghambat proses pembelajaran Biologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka teknologi augmented reality (AR) menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan AR dengan menggunakan metode marker-based tracking dalam pembelajaran sistem pencernaan pada mata pelajaran Biologi agar dapat memunculkan gambar dari sistem pencernaan manusia yang buram. Metode marker-based tracking digunakan karena siswa dapat lebih fokus terhadap pelajaran. Objek yang akan dimunculkan pada AR ini adalah sistem pencernaan pada manusia seperti mulut, lambung, dan hati. Harapan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan AR akan membantu para guru dan juga siswa-siswi untuk mengatasi masalah pada LKS yang buram ini agar proses belajar-mengajar dapat tercapai.
References
Abdurrahman, Y., & Gustalika, M. A. (2023). Aplikasi Augmented Reality dengan Marker Based dan Markerless Tracking sebagai Pengenalan Budaya Candi Mendut. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 859-871.
Aripin, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. In Jurnal Sainsmat: Vol. VIII–VIII (pp. 47–57). Universitas Majalengka. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat
Aziz, S. M. (2021). PENGEMBANGAN FLASH CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK KELAS XI MIPA DI SMAN 1 KREMBUNG KABUPATEN SIDOARJO.
Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. (2020). In Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika: Vol. Vol.11 (Issue no.2, pp. 124–125). https://journal.ubl.ac.id/index.php/telematika/article/view/telematika11n2-2
Juwita, Saputri, E. Z., & Kusumawati, I. (2021). Teknologi Augmented Reality (Ar) Sebagai Solusi Media Pembelajaran Sains Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Bioeduca: Journal of Biology Education, 124–134. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca
Maili, E. M., & Akbar, M. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Biologi Pertumbuhan Manusia dengan Metode Markerless. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, Vol.3(No.2), 256–258.
PENDIDIKAN KONSERVASI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA MANGROVE BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR). (2021). In Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya: Vol. Vol. 16 (Issue No. 2, p. 74).
Potensial Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Abad 21 : Literatur Artikel Dan Desain Inovasi Media. (2022). 43–48.
Pramuaji, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PENGENALAN COREL DRAW SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17312
Triyono, A. (2021). Aplikasi Pembelajaran Biologi tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality untuk Kelas XI. In Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (Vols. 1–1, pp. 39–53). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Widodo, A. (2020). Media Pembelajaran Taksonomi Hewan Berbasis Augmented Reality Dengan Fitur Multi Target. JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.