Pengembangan Media Flashcard Dengan Tema Tumbuhan Di Raudhatul Athfal Taba-Taba’i Kabupaten Bogor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran flashcard bertema tumbuhan di Raudhatul Athfal Taba-Taba’i. Dengan menggunakan model ADDIE, penelitian ini melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi tumbuhan. Uji coba awal di kelompok kecil menunjukkan adanya peningkatan minat dan antusiasme siswa. Namun, penelitian ini masih dalam tahap pengujian dan membutuhkan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya secara menyeluruh. Disarankan untuk melibatkan sampel yang lebih besar dan memperbaiki desain serta konten media berdasarkan umpan balik untuk hasil yang lebih optimal. Media pembelajaran interaktif seperti flashcard diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran.
References
Fitriani, E., Waspodo, M., Gatot, M., & Sri Wahyuni, N. (2022). Monograf Media Flash Card Baca Kata Digital Untuk Anak Usia Dini. Www.Penerbitwidina.Com
Jarbi, M. (2022). Hakikat Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Https://Uit.E-journal.Id/Jpais/
Putri Weldami, T., Yogica, R., Studi Pendidikan Biologi, P., Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., Negeri Padang, U., Hamka, J., & Tawar Barat, A. (2023). Model Addie Branch Dalam Pengembangan E-learning Biologi. Journal On Education, 06(01), 7543–7551.
Slamet, A. F. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R N D).
Urwatul Wutsqa, A., Pendidikan Islam, K., & Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Juni 2021 |, 1(1). Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Alurwatul
Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.933
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yazid Okta Faiq Nuruddin, Rudi Hartono, Afif Ahmad Wiranat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.