Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Al- Quran Juz 30 Terhadap Kemampuan Menghafal Di Madrasah An-Nawiyyah

Authors

  • Ersa Sania Nasution Universitas Ibn Khaldun
  • Kurniati Kurniati Universitas Ibn Khaldun
  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Ibn Khaldun

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pengaruh media video animasi terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an di Madrasah An-Nawiyah. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengetahui apakah media video animasi meningkatkan kemampuan menghafal dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media video animasi dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Uji normalitas, uji homogenitas variansi, dan uji t dilakukan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan kemampuan menghafal yang signifikan dengan kenaikan presentase sebesar 40% dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mengalami kenaikan sebesar 18%. Uji t menunjukkan nilai t hitung (7,71) lebih besar dari nilai t tabel (2,22), mengindikasikan perbedaan signifikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an.

Author Biographies

Ersa Sania Nasution, Universitas Ibn Khaldun

Program Studi Teknologi Pendidikan

Kurniati Kurniati, Universitas Ibn Khaldun

Program Studi Teknologi Pendidikan

Syarifuddin Syarifuddin, Universitas Ibn Khaldun

Program Studi Teknologi Pendidikan

References

Al-Dausary, Prof. Dr. M. (2019). Menghafal Al-Qur’an; Adab Dan Hukumnya Ebs.

Alti, R. M., Putri Tipa Anasi, & Dumaris E. Silalahi. (2022). Media Pembelajaran. Www.Globaleksekutifteknologi.Co.Id

Cahya Negara, I., & Prabowo, A. (2018). Penggunaan Uji Chi-Square.

Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul Aiman, M., & Hasda, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Http://Penerbitzaini.Com

Hafni Sahir, S. (2022). Metodologi Penelitian (Koryati Try, Ed.; 1st Ed.). Penerbit Kbm Indonesia. Www.Penerbitbukumurah.Com

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & Drtuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Media Pembelajaran.

Muja, S. F., & Keguruan, D. (2022). Penerapan Metode Penghafalan Melalui Audio Visual Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Pendek Di Tpa Mahabbatul Ihsan Seruway Aceh Tamiang.

Nuryadi, Dewi Astuti, T., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian (1st Ed.). Www.Sibuku.Com

Slamet, A. F. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R N D).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.

Urwatul Wutsqa, A., Pendidikan Islam, K., & Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Juni 2021 |, 1(1). Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Alurwatul

Wibowo, F. (2020). Taksonomi Bloom Revisi 2022.

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Nasution, E. S., Kurniati, K., & Syarifuddin, S. (2024). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Al- Quran Juz 30 Terhadap Kemampuan Menghafal Di Madrasah An-Nawiyyah. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 97–104. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/19