Penerapan Education for Sustainable Development (ESD) dalam Media Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
Melalui pembelajaran berbasis ESD diharapkan peserta didik dapat berpikir kritis dalam menyikapi permasalahan yang ada. Selaras dengan itu kompetensi berpikir kritis dalam konteks ESD menjelaskan bahwa peserta didik harus mampu merefleksikan nilai, persepsi dantindakannya sendiri dalam mengambil posisi yang berkaitan dengan wacana berkelanjutan. Modul berbasis ESD dapat digunakan sebagai sarana untuk menunjang pembelajaran siswa di sekolah dasar dan membantu siswa memahami konsep-konsep yang dipelajarinya, khususnya dalam konteks pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini ialah dengan studi kajian literatur dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Kajian literatur ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan penelitian yang fokus pada topik penelitian. Berdasarkan hasil temuan, dapat disimpulkan bahwa penerapan Education for Sustainable Development (ESD) pada media pembelajaran di sekolah dasar mempunyai potensi besar untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa terhadap isu lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
References
Ardianto, D., Windiyani, T., Suwarma, I. R., Karmilasari, K., & Nurul, N. (2024). Analysis of physics learning in elementary schools and the need for professional development: Is STEM education training necessary for elementary school teachers?. Momentum: Physics Education Journal, 8(1), 84-94.
Asri, A. A., Hamdu, G., & Hadiana, D. (2023). E-LKPD Berbasis Education For Sustainable Development Berorientasi Literasi dan Numerasi di SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 1-10.
Adwiah, R. (2022). Pengembangan Aplikasi Virtual Field Trip Topik Hidroponik Berbasis Esd Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).(2010). Paradigma Pendidikan AbadXXI. Jakarta: Depdiknas
Fauzi, R., & Nugraha, A. (2022). E-Modul berbasis Education for Sustainable Development topik hidroponik untuk siswa sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 661-672.
Fauziah, N. N., & Hamdu, G. (2022). Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik berbasis ESD di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6 (1), 63-78.
Fauziyah, S., & Hamdu, G. (2022). Implementasi E-LKPD Berbasis ESD pada Kompetensi Berpikir Kritis di SD. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 172-179.
Fajrin, V. P., Wibowo, F. C., & Nasbey, H. (2024). Analisis Kebutuhan Modul Ajar Pemanasan Global Berbasis PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 33-42.
Herlina, P., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2023). Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Interaktif Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) DI SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 504- 513.
Juliani, A., Karmilasari, K., Agustiani, T., Mulyanah, D., & Windiyani, T. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Terhadap Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 144-169.
Juniarso, T., Setiawan, B., Prameswari, D., Aprillia, D. N. P., & Iasha, V. (2023). The Effect of STEM-ESciT-based Mobile Learning in Improving the Creativity Thinking Ability of Preservice Teachers. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 19(2), 242-249.
Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. 2(2), 219-231
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41.
Najoan, R. A. O., Kumolontang, D. F., Ester, K., Tarusu, D. T., Setiawan, B., & Iasha, V. (2024). Impact of the team-assisted individualization learning model on mathematical problem-solving, communication, and self-regulated learning. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 7(2), 409-419.
Novita, L., Windiyani, T., Sukmanasa, E., & Utari, R. L. (2023). Higher Order Thinking Skills in Evaluation of IV Grade Thematic Materials in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 498-507.
Pendit, S. S. D., Amelia, C., Pilok, N. A., & Sitepu, M. S. (2022). Pengembangan E- Modul Discon Berbasis Android ( E-Modul Disroid ) Materi Bunyi bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3),175–191.
Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2010), 1–8.
Prima, K. W., Ganefri, Effendi, H., Lapisa, R., & Hariyadi. (2022). Pengembangan E- Modul Berbasis Android Mata Kuliah Aplikasi Komputer sebagai Alternatif Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Informasi Dan Teknologi, 4(4). https://doi.org/10.37034/jidt.v4i4.218
Primasti, S. G. (2021). Implementasi Program Education for Sustainable Development Di Sma Tumbuh. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 80-100.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-Lkpd Berbasis Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.456
Rauch, F. (2002). The Potential of Education for Sustainable Development for Reform in Schools. Environmental Education Research, 8(1), 43 – 51. https://doi.org/10.1080/13504620120109646
Susilawati, T., Hamdu, G., & Mulyadiprana, A. (2023). Aplikasi Pembelajaran Esd Herbal Plants Untuk Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4974-4988.
Rakhman, D. A., Hamdu, G., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-LKPD Berbasis ESD untuk Materi Pemanasan Global di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1291-1299.
Riskynianyo, H. R., Novita, L., & Windiyani, T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Manusia dan Lingkungan. Journal on Education, 6(3), 16091-16099.
Iasha, V., Japar, M., Maksum, A., & Setiawan, B. (2023). Let's Go On A Virtual Reality Trip!: The Effect on the Students’ Literacy, Interest, and Satisfaction in Cultural Learning. TEM Journal, 12(4), 2488.
Wijayanti, A. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon & Quizizz dalam Pengajaran Teks Eksplanasi di SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 202 – 212. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.449
Windiyani, T., Sofyan, D., Novita, L., & Patricia, R. (2024). Puzzles as Teaching Materials in Theme 3 Using Wordwall for Class V Elementary school. Jurnal Prima Edukasia, 12(1), 73-82.
Windiyani, T., Gani, R. A., Zainal, M. A., Juliani, A., & Puri, J. A. (2024). Peningkatan Porfesionalisme Guru Sekolah Dasar Melalui Pendampingan Vlog Now Menuju Education For Sustainable Development. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1476-1485.
Yanti, N. H., & Hamdu, G. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Education For Sustainable Development untuk Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1821-1829.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.