Studi Literatur: Analisis Ensiklopedia Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains SD

Authors

  • Hasna Wulan Aviarizki Universitas Negeri Jakarta
  • Hadi Nasbey Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan ensiklopedia digital sebagai alat bantu dalam meningkatkan literasi sains di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang mengkaji berbagai penelitian terkait efektivitas ensiklopedia digital dalam pembelajaran sains. Hasil analisis menunjukkan bahwa ensiklopedia digital memiliki potensi besar dalam meningkatkan literasi sains siswa SD melalui penyediaan informasi yang lebih interaktif dan menarik. Kepraktisan dan fleksibilitas ensiklopedia digital, yang dapat diakses melalui smartphone, membuatnya lebih disukai oleh siswa dibandingkan bahan ajar konvensional. Selain itu, penggunaan ensiklopedia digital juga membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Guru juga diuntungkan dengan kemampuan untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik secara lebih efektif. Ensiklopedia digital merupakan inovasi yang signifikan dan efektif dalam pembelajaran sains di sekolah dasar yang tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa tetapi juga menumbuhkan kesadaran literasi sains yang lebih tinggi.

Author Biographies

Hasna Wulan Aviarizki, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Hadi Nasbey, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Mohamad Syarif Sumantri, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

References

Adzim, S. A., Hamdani, M. I. I., & Wijaya, A. M. (2024). Pengembangan Media Ensiklopedia Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas X Dkv Smk Negeri 6 Jember. Jurnal Sandhyakala, 5(1).

Azizah, Y. N., Lathifah, S. S., & Hidayat, N. (2021). Pengembangan E-Ensiklopedia Keanekaragaman Talas Di Kabupaten Bogor Berbasis Esd Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 52–56. Https://Doi.Org/10.55215/Pedagogia.V13i2.4247

Handayani, M., Raini, Y., & Nurzaelan, M. M. (2024). Pengaruh Literasi Media Digital Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Prodi Pai Uniks). 4(1), 106–110.

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1682

Irsyan, M. S., Setiawan, A., & Rusnayati, H. (2013). Analisis Buku Ajar Fisika Sma Kelas X Di Kota Bandung Berdasarkan Komponen Literasi Sains. Prosidings Seminar Nasional Fisika 2013, 94–102.

Johson. (2020). The Impact Of Digital Encyclopedias On Elementary Science Literacy: A Comparative Study. Journal Of Educational Technology.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran Ipa Sd. Edutrimedia Indonesia.

Kristy, R. D., Hayatin, N., & Wahyuni, D. (2019). Peningkatan Literasi Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ensiklopedia Anak Literation Improvement For Teachers And Basic School Students Through Training Use Of Application Of Children Ensiklopedia. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 47–54.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I2.P183-191

Oecd, P. (2019). Insights And Interpretations. In Oecd Publising (Vol. 24, Issue 1).

Pisa. (2023). Pisa 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language Of Science Education, 1, 1–9. Https://Oecdch.Art/A40de1dbaf/C108.

Putri, Syifa H., Priatna, A., & Hamdan, A. R. (2023). Pengaruh Media Buku Ensiklopedia Iptek Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Berbantuan Model Aktualisasi Kepramukaan Di Sd Negeri Cikoneng. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 122–135.

Putri, I. B. K., & Wulandari, F. (2022). Scientific Literacy Skill Through Digital Media Professional Pdf Flip Based Book In Elementary School. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 8(5), 2266–2271. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V8i5.2181

Ramadhani, R., Wahyudiana, E., & Hidayat, O. S. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. Https://Journal.Uii.Ac.Id/Ajie/Article/View/971

Ridho, A., Wardhana, K. E., Yuliana, A. S., Qolby, I. N., & Zalwana, Z. (2022). Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Educasia: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(3), 195–213. Https://Doi.Org/10.21462/Educasia.V7i3.131

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). Https://Www.Chegg.Com/Writing/Guides/Research/Mixed-Methods-Research/

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V3i2.592

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Aviarizki, H. W., Nasbey, H., & Sumantri, M. S. (2024). Studi Literatur: Analisis Ensiklopedia Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains SD. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 71–80. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/16