Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ayu diah pratiwi Universitas Negeri Jakarta
  • Arifin maksum Universitas Negeri Jakarta
  • Iva Sarifah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada observasi bahwa metode pembelajaran konvensional cenderung menyebabkan siswa pasif dan kurang berminat terhadap materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, menunjukkan peningkatan dalam berpikir kritis, serta lebih antusias dalam mengikuti kegiatan belajar. Selain itu, interaksi antara guru dan siswa serta antar siswa juga meningkat, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan kolaboratif. Dengan demikian, model pembelajaran PBL terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.

Author Biographies

Ayu diah pratiwi, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Arifin maksum, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

Iva Sarifah, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Pendidikan Dasar

References

Ariyani, B., Kristin, F., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd Learning Untuk. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.

Aryanti, D. Y., Ulandari, S., & Nuro, A. S. (N.D.). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian.

Hutami, S. S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas Iv Sd Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(1), 1804–1814.

Juardi, I. F., & Rustini, T. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan Evaluasi Efektivitas Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas Iv Sekolah Dasar ; Studi Kasus Sdn Pasirbitung. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 6–13.

Kadek, N., Satya, D., Adnyana, K. S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Masa Pandemi Untuk. Jurnal Mahasiswa Prodi Pgsd Stahn Mpu Kuturan Singaraja, 1(1), 12–18.

Natalia, R. H. Dan W. (N.D.). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Oleh : Rusmin Husain Dan Widya Natalia ( Universitas Negeri Gorontalo ) Pendahuluan Hasil Belajar Merupakan Hasil Dari Suatu Interak. Proceedings, 1, 1–16.

Ramdhini, R. (2022). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Asean Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 6 Sd. J U R N A L P E N G A J A R A N S E K O L A H D A S A R, 2(1), 9–12.

Saputra, Y. A., & Susilowati, A. R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pgsd, 4(1), 96–103.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dan Problem Based Learning ( Pbl ) Berbantuan Media Monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April), 185–193.

Sibagariang, F. M., Diwanti, D. R., Haq, K. A., & Pratama, A. Y. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv. Jurnal Basicedu, 8(4), 2411–2419.

Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 200–209.

Winasih, E. W., Parji, & Malawi, I. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Ix Smpn 4 Karang Anyar Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal Of Scientech Research And Development, 5(1), 429–441.

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

pratiwi, A. diah, maksum, A., & Sarifah, I. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 63–70. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/15