Pengembangan Alat Ukur Academic Cheating Pada Siswa

Authors

  • Stevanie Nathalia Adrias Universitas Batam
  • Sophia Budi Universitas Batam
  • Yuditia Prameswari Universitas Batam
  • Izura Rochma Universitas Batam

Abstract

Dalam dunia pendidikan, ujian dirancang untuk mengukur pencapaian siswa terhadap suatu tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengetahui kemampuannya dalam memahami pelajaran. Jika ternyata hasilnya kurang, untuk mengusahakan nilai bagus dalam ujian, ada siswa yang rajin belajar dan mampu mengatur waktunya sedemikian rupa, namun ada pula yang juga siswa yang memang kurang mampu memotivasi dirinya sehingga timbullah perilaku menyontek atau berbuat curang untuk mendapatkan nilai yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur perilaku menyontek pada siswa (academic cheating) yang dikembangkan berdasarkan teori-teori terdahulu, salah satu nya yaitu Menurut Alhadza yang mengemukakan teori mengenai indikator-indikator menyontek. Peneliti menguji kesahihan (validitas) dan keajegan (reliabilitas) alat ukur melalui pendekatan kuantitatif dengan sampel yang diambil sebanyak 84 responden. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan uji analisis, memperoleh hasil yaitu reliabilitas Cronbach’s Alpha = 0,945. Dari 39 aitem yang telah diuji, terdapat satu item yang tidak valid dengan skor validitas 0,217, ini berarti lebih besar dari nilai signifikasi yaitu 5% atau 0,05.

Author Biographies

Stevanie Nathalia Adrias, Universitas Batam

Program Studi Psikologi

Sophia Budi, Universitas Batam

Program Studi Psikologi

Yuditia Prameswari, Universitas Batam

Program Studi Psikologi

Izura Rochma, Universitas Batam

Program Studi Psikologi

References

BAB II.pdf. (n.d.). Retrieved June 18, 2024, from https://etheses.iainkediri.ac.id/146/3/7.%20BAB%20II.pdf

Cara Mengatasi Soal Angket yang Tidak Valid. (n.d.). KONSISTENSI. Retrieved June 25, 2024, from https://www.konsistensi.com/2014/03/mengatasi-angkettidak-valid.html

Hidayat, M. T., & Rozali, Y. A. (2015). HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK SAAT UJIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL. 13.

Hubungan “Self Efficacy” dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi | Pudjiastuti | MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan. (n.d.). Retrieved April 30, 2024, from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/344

(PDF) VALIDITAS DAN RELIABILITAS UNTUK MENGEVALUASI MUTU PENELITIAN KUALITATIF. (n.d.). Retrieved June 18, 2024, from https://www.researchgate.net/publication/320417143_VALIDITAS_DAN_RELIABILITAS_UNTUK_MENGEVALUASI_MUTU_PENELITIAN_KUALITATIF

Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring | Anitasari | Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. (n.d.). Retrieved April 30, 2024, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/37661/15555

Seleksi Aitem Dalam Penyusunan Skala Psikologi | Azwar | Buletin Psikologi. (n.d.). Retrieved June 18, 2024, from https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/13277/9500

S_PEA_1501303_Chapter1.pdf. (n.d.). Retrieved April 30, 2024, from https://repository.upi.edu/68784/2/S_PEA_1501303_Chapter1.pdf

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Adrias, S. N., Budi, S., Prameswari, Y., & Rochma, I. (2024). Pengembangan Alat Ukur Academic Cheating Pada Siswa. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 56–62. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/14