Membangun Jiwa Kritis Reflektif melalui Matakuliah Filosofi Pendidikan Mahasiswa PPG Prajabatan untuk Penguatan Calon Guru

Authors

  • Luhung Achmad Perguna Universitas Negeri Malang

Abstract

Filsafat Pendidikan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan pada semester awal. Artikel ini berfokus untuk mengeksplorasi dampak mata kuliah Filsafat Pendidikan. Metode yang digunakan adalah desain deskriptif kualitatif dengan strategi fenomenologi dengan informasi dari mahasiswa PPG Prajabatan yang mengambil mata kuliah Filsafat Pendidikan khususnya program studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang berbasis purposive sampling untuk teknik pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai dasar awal untuk melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PPG setelah menempuh mata kuliah ini merasa menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia dengan melakukan refleksi kontemplatif terhadap ajaran Ki Hadjar Dewantara. Kegiatan refleksi pada mata kuliah ini penting dilakukan untuk menelaah the grand why menjadi guru. Mata kuliah yang disajikan dengan sintaksis Merdeka dapat membuat mahasiswa berpikir kritis dan rasional.

Author Biography

Luhung Achmad Perguna, Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Sosiologi

References

Aulia, D. D., Maulidi, R. P., Marjohan, M., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Landasan Filosofis Pendidikan. Journal on Education, 5(1), 432-441.

Mukoyimah, S., & Arsyad, M. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tinjauan Filosofis dari Perspektif Filsafat Pendidikan Barat dan Timur serta Realitasnya. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 291-302. Muttaqin, A. (2016). Implikasi aliran filsafat pendidikan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 67-92.

Nursita, L. (2021). Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 83-88.

Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9)

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Ridwanudin, D. (2015). Filsafat Pendidikan Sebagai Basis Penguatan Profesionalisme Guru. Qathrunâ, 2(02), 57-74.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Setiawan, B., & Sunaryati, T. (2024). Asesmen Psikologis. Banyumas: Pena Persada Kerta Utama.

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Perguna, L. A. (2024). Membangun Jiwa Kritis Reflektif melalui Matakuliah Filosofi Pendidikan Mahasiswa PPG Prajabatan untuk Penguatan Calon Guru. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 44–49. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/12